-->

Download Pedoman OGN bagi Guru SD dan SMP 2017

- 16:09
Pedoman OGN bagi Guru SD dan SMP 2017


Download Pedoman OGN bagi Guru SD dan SMP 2017. Olimpiade Guru Nasional (OGN) adalah salah satu Olimpiade yang diikuti oleh para Guru yang mengajar pada jenjang Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Pada kesempatan ini, kami ingin membagikan file Pedoman Pelaksanaan OGN untuk Guru SD dan SMP Tahun 2017 kepada para guru untuk mendorong dan memotivasi seorang guru dalam meningkatkan kompetensi yang dimilikinya. Di dalam file Pedoman ini sudah terdapat beberapa acuan pelaksanaan kegiatan lomba olimpiade guru nasional tahun 2017 ini. Anda dapat mendownload file pedoman OGN tahun 2017 ini pada link download paling bawah pada artikel ini.
Pedoman Pelaksanaan OGN untuk Guru SD dan SMP Tahun 2017. Pada awal tahun 2017 ini, lebih tepatnya pada bulan Februari lalu, Direktur Pembinaan Guru Pendidikan Dasar Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia telah mengeluarkan Pedoman Pelaksanaan OGN untuk Guru SD dan SMP Tahun 2017. Di dalam pedoman pelaksanaan tersebut sudah dijelaskan lengkap mengenai latar belakang kegiatan ini, Penyelenggaraan kegiatan ini mulai dari bidang yang akan dilombakan, sasaran, bentuk kegiatan, materi lomba dan Hadiah serta Penghargaan yang akan didapatkan bagi guru yang mendapatkan juara.

Sebelum mendownload file Pedoman Pelaksanaan OGN untuk Guru SD dan SMP Tahun 2017 ini, kami juga menampilkan beberapa isi yang dirasa sangat penting dalam file Pedoman Pelaksanaan OGN tersebut, diantaranya adalah sebagai berikut:

PEDOMAN PELAKSANAAN OLIMPIADE GURU NASIONAL (OGN) UNTUK GURU SD DAN SMP TAHUN 2017


LATAR BELAKANG
Kegiatan Olimpiade Guru Nasional (OGN) merupakan salah satu sarana peningkatan mutu pendidikan dan merupakan ajang untuk mencari guru kelas SD dan SMP yang unggul. OGN diselenggarakan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan wawasan pengetahuan, motivasi, kompetisi, profesionalisme, dan kinerja guru. Selain itu OGN bertujuan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan budaya dikalangan guru SD dan SMP. Peningkatan kompetisi tersebut diharapkan akan beradmpak posifit terhadap karier dan mutu pendidikan. 

Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Subdit Harlinggung telah melaksanakan OGN sejak tahun 2016. Olimpiade Guru Naisonal tahun 2017 bagi guru SD dan SMP ini merupakan pelaksanaan OGN tahun kedua. Peserta dalam kegiatan OGN 2017 ini terdiri atas guru kelas SD dan SMP. untuk peserta SMP meliputi guru mata pelajaran Matematika, IPS, IPS, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.
Pelaksanaan OGN diawali dengan seleksi tingkat kabupaten/kota yang diikuti oleh guru SD dan SMP. Adapun penyelenggaraanya menjadi tanggung jawab dinas pendidikan kabupaten/kota. Selanjutnya seleksi tingkat provinsi diikuti oleh wakil masing-masing kabupaten/kota yang diselenggarakan dan menjadi tanggung jawab dinas pendidikan provinsi. Hasil seleksi provinsi akan dijadikan finalis tingkat nasional.

PENYELENGGARAAN KEGIATAN
Pengertian OGN
Olimpiade Guru Nasional (OGN) merupakan wahana kompetisi bagi guru kelas SD dan SMP dalam upaya meningkatkan kompetisi profesional pada bidang yang diampunya.

Bidang yang dilombakan dalam OGN 2017
  1. guru kelas SD (Bahasa Indonesia, Matematika, IPA dan IPS)
  2. guru Kelas SMP (Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, IPA dan IPS)

Persyaratan Peserta OGN 2017
  1. guru kelas SD dan guru SMP yang berstatus pegawai negeri sipil (PNS), guru bukan PNS di sekolah negeri yang memiliki Surat Keputusan (SK) dari pemerintah daerah, guru yang memiliki SK sebagai guru tetap yayasan (GTT) dengan masa kerja sekurang-kurangnya 5 (lima) tahun berturut-turut.
  2. mempunyai NUPTK
  3. tidak sedang mendapat tugas tambahan sebagai kepala sekolah atau sedang dalam proses pengangkatan sebagai kepala sekolah atau sedang dalam transisi alih tugas ke unit kerja lainnya
  4. belum pernah meraih medali OSNG an OGN dalam kurun waktu 3 tahun terakhir
  5. memiliki kualifikasi akademik minimal S1 atau D4
  6. guru SMP hanya dapat mengikuti lomba pada mata pelajaran yang sama dengan mata pelajaran yang diampu (sesuai DAPODIK)

Bentuk Kegiatan dan Materi Lomba
Kegiatan OGN tahun 2017 dilaksanakan secara berjenjang, mulai dari tingkat kabupaten/kota, tingkat provinsi, sampai pada tingkat nasional dengan mekanisme sebagai berikut:
  1. pada tingkat kabupaten/kota seleksi dilakukan melalui tes tulis diatur oleh dinas pendidikan kabupaten/kota. Perangkat tes tulis dikembangkan oleh Dinas pendidikan kabupaten/kota
  2. pada tingkat provinsi seleksi dilakukan melalui tes tertulis. Perangkat tes disiapkan oleh Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar.
  3. pada tingkat Nasional seleksi dilakukan melalui tes tulis, eksperimen/eksplorasi/unjuk kerja, dan presentasi. Materi seleksi dan perangkat tes disiapkan oleh Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar
  4. soal tes tertulis dari tingkat kabupaten/kota, provinsi maupun nasional mengacu pada cakupan materi yang terdapat pada lampiran I pedoman ini.

Hadiah dan Penghargaan 

Hadiah dan penghargaan diberikan kepada peserta OGN sebagai motivasi untuk meningkatkan kualitas keigatan pembalajran dan kegiatan pendidikan lainnya. Pengatuaran pemberian hadiah bagi para pemenang tingkat kabupaten/kota dan tingkat provinsi diserahkan sepenuhnya kepada pemerintah daerah sesuai dengan kemampuan masing-masing.
Pemenang pada tingkat nasional akan diberi piagam penghargaan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan serta medali dan hadiah dari Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar.

Waktu Penyelenggaraan:

Itulah tadi beberapa cuplikan isi dari file Pedoman Pelaksanaan OGN untuk Guru SD dan SMP tahun 2017 ini. Semoga file Pedoman ini dapat bermanfaat bagi para guru yang akan mengikuti lomba OGN ini. Selamat mencoba, semoga berhasil. Anda bisa mendownload file pedoman pelaksanaan OGN pada link download di bawah ini.
Link Download:
Advertisement

 

Start typing and press Enter to search