-->

KKM SD KURIKULUM 2013 (K 13) REVISI 2018 (SIAP PRINT)

- 21:28
KKM Kurikulum 2013 SD merupakan singkatan dari Kriteria Ketuntasan Minimal, dimana KKM dinyatakan sebagai nilai terendah yang harus dicapai oleh peserta didik agar dapat dinyatakan LULUS dalam setiap Kompetensi Dasar (KD) dalam satu mata pelajaran yang dipelajari oleh peserta didik tersebut.  Nilai untuk Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) K13 SD Revisi 2018 biasanya ditetapkan saat sebelum tahun ajaran baru dimulai di sekolah masing-masing. Oleh karena itu setiap guru kelas baik itu guru kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6 ataupun guru bidang studi harus mampu menetapkan Nilainya masing-masing.

Kriteria Ketuntasan Minimum untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) di KURIKULUM 2013 (K-13) REVISI 2018 merupakan bantuan bagi para peserta didik untuk mencapai ketuntasan. KKM SD harus ditentukan secara khusus oleh satuan pendidikan berdasarkan hasil musyawarah guru mata Pelajaran di satuan Pendidikan atau beberapa satuan pendidikan yang memiliki ciri yang sama. Pertimbangan Bapak/Ibu guru atau forum MGMP atau KKG secara akademis menjadi pertimbangan utama yang matang dalam penentuan KKM setiap mata pelajaran seperti: matematika, ipa, ips, bahasa indonesia (BI), PPKN, PJOK (penjasorkes), SBK, Bahasa Inggris di lembaga pendidikan dengan kurikulum 2013 revisi 2018 ini.

Langkah-langkah dalam menetapkan KKM Revisi 2018 SD KURIKULUM 2013 (K 13), hampir sama dengan penjelasan diatas bahwa dalam memilih nilai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) K13 SD dilakukan oleh guru kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6 atau kelompok guru mata Pelajaran. Beberapa langkah dan tahapan untuk membuat Nilai KKM kurtilas Sekolah Dasar dengan revisi 2018 adalah para guru harus memperhatikan 3 aspek penting, yaitu: Kompleksitas, daya dukung, dan Intak siswa.

  • Aspek kompleksitas diartikan: Semakin kompleks (sukar) KD Kemudian nilainya lebih rendah, dan semakin mudah KD Kemudian nilainya semakin tinggi.
  •  Daya dukung (sarana) diartikan: Semakin tinggi daya dukungan alam maka nilainya semakin tinggi.
  • Intak siswa (aspek asupan) diartikan: Semakin tinggi kemampuan awal siswa (intake) maka nilainya tetap tinggi pula

Hasil penentuan KKM di kurikulum 2013 revisi 2018 oleh guru kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6 atau kelompok guru mata disahkan oleh kepala sekolah untuk dijadikan patokan guru dalam melaksanakan penilaian dan kelulusan peserta didik. Setelah KKM Revisi 2018 SD kurikulum 2013 revisi 2018 baik itu kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6 yang disahkan, akan disosialisaikan untuk pihak-pihak yang berkepentingan, yaitu peserta didik, orang tua, dan dinas pendidikan 
KKM SD K13 yang dicantumkan dalam laporan hasil belajar atau raport pada saat orang tua / wali siswa.

Secara umum KKM K13 memiliki beberapa fungsi di sekolah dasar, antara lain:
  1. Sebagai referensi bagi seorang guru kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6 SD dalam memberikan Pelajaran yang didik sesuai dengan Kompetensi Dasar (KD) setiap mata Pelajaran kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6.
  2. Sebagai acuan bagi peserta didik agar dapat dilakukan sebelum pembelajaran dan dilakukan
  3. Sebagai target targer peserta didik dalam materi pelajaran setiap Kompetensi Dasar yang telah ditentukan oleh guru masing-masing baik itu guru kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6 SD.
  4. Sebagai salah satu instrumen dalam melakukan evaluasi
  5. Sebagai "kontrak" pedagogik antara pendidik, peserta didik dan masyarakat (sempurna orang tua dan wali murid)

Aplikasi KKM yang kami share kepada bapak/ibu guru dapat digunakan di kurikulum 2013 revisi 2018. Dalam pengisian aplikasi KKM SD revisi 2018 kurikulum 2013 ini harus memperhatikan 2 aspek penting, yaitu:
  • Kolom "kriteria penentuan KKM"
Dimana pada kolom ini terbagi atas Kompleksitas, Daya dukung, dan intake siswa. Kompleksitas adalah tingkat kesukaran materi pada KD yang ingin di target siswa. Jika tingkat kesukaran materi "tinggi", maka KKM kompleksitas akan semakin rendah nilainya. Nilai pada kriteria 'daya dukung' dapat dipengaruhi oleh beberapa hal, diantaranya: alat bantu/media yang digunakan, kompetensi guru, apakah "gelar" yang dimiliki guru sesuai dengan kelas yang diampu, apakah guru sudah sertifikasi, dll. Artinya: semakin besar daya dukung yang dimiliki guru, maka nilai pada kriteria "daya dukung" akan semakin tinggi juga nilai KKM Kurikulum 2013. Yang terakhir adalah "intake siswa", kriteria ini dapat diartikan sebagai SDM siswa yang diajar oleh guru. Jika SDM siswa semakin tinggi, maka nilai KKM Revisi 2018 untuk aspek "intake siswa", ikut semakin tinggi juga.
  • Kolom "Hasil KKM dalam aspek"
Untuk kolom pada aplikasi KKM Revisi 2018 ini terbagi menjadi 3, yaitu Sikap, Keterampilan, dan Pengetahuan. Hal ini sesuai dengan 4 kategori penilaian yang dilakukan di kurikulum 2013. Untuk kompetensi spiritual biasanya guru agama yang akan membuat penilaian spiritual tersebut.



Dalam menentukan % KKM tiap 1 KD = hasil dari rata-rata dari nilai kompleksitas, daya dukung, intake, sikap, keterampilan dan pengetahuan. Sedangkan untuk Nilai 1 bidang studi = rata-rata dari %KKM tiap KD.

Karena pentingnya penetapan KKM, kami mencoba menshare beberapa Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) K13 SD yang ada untuk membantu mempermudah Bapak/Ibu guru dalam menetapkan KKM baik itu di kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6 SD khusus untuk kurikulum 2013 revisi 2018:
  • COVER KKM SD KURIKULUM 2013 (K 13) REVISI 2018   
  • KKM KELAS 1 SD/MI KURIKULUM 2013 (K 13) REVISI 2018
  • KKM KELAS 2 SD/MI KURIKULUM 2013 (K13) REVISI 2018 
  • KKM KELAS 3 SD/MI KURIKULUM 2013 (K13) REVISI 2018 
  • KKM KELAS 4 SD/MI KURIKULUM 2013 (K 13) REVISI 2018 
  • KKM KELAS 5 SD/MI KURIKULUM 2013 (K-13) REVISI 2018 
  • KKM KELAS 6 SD/MI KURIKULUM 2013 (K13) REVISI 2018 
Nb: KLIK ----->  untuk mendownload/unduh files KKM K13 SD



Jangan Lupa untuk SHARE dan Like Fan Page Facebook serta G+ Kami, agar dapat terus mengikuti update lainnya.

            Advertisement

             

            Start typing and press Enter to search