-->

Apakah Terlalu Banyak Pekerjaan Rumah (PR) Buruk Untuk Siswa?

- 17:09

Siswa di sekolah biasanya belajar 4-6 jam/hari. Mereka belajar sekitar 3-4 mata pelajaran di setiap kelas. Setiap guru mata pelajaran di kelas biasanya akan memberikan tugas berupa pekerjaan rumah (PR) sekitar 5-10 soal setiap akhir pembelajaran di kelas. Setiap hari siswa harus menyelesaikan pekerjaan rumah yang ditugaskan oleh setidaknya 3 guru minimum/hari. Biasanya pekerjaan rumah (PR) yang akan dikerjakan oleh siswa biasa pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, IPA, IPS, Kesenian, dll tergantung mata pelajaran yang ada di sekolah mereka.
Tentu saja hal ini berdampak buruk bagi siswa, sehingga siswa memiliki sifat-sifat negatif seperti malas, bosan, dll. Siswa dibuat untuk menulis pelajaran yang sama beberapa kali dengan niat mereka akan memahami pelajaran atau dengan kata lain “pelajaran meresap ke hati siswa”. Ini merupakan konsep buruk yang banyak di terapkan oleh beberapa guru. Saya juga terkadang menemui guru matematika yang menugaskan siswa untuk menyelesaikan minimal sepuluh soal jumlah per hari.
Lebih buruk lagi, siswa dihukum jika mereka tidak dapat menyelesaikan pekerjaan rumah (PR) mereka. Hukuman yang diberikan terkadang tidak masuk akal dan tidak sesuai dengan metode pembelajaran yang baik untuk siswa. Jika berita tentang PR yang tidak lengkap sampai ke orang tua, dampaknya siswa juga akan di hukum oleh orang tua di rumah. Pemberian hukuman memang bukan sesuatu yang salah, karena memberikan hukuman merupakan salah satu cara dalam mendidik siswa, asalkan hukuman yang diberikan sesuai dan cocok dalam mendidik siswa menjadi jera dan lebih baik lagi di masa depan.
Saya telah menemukan satu insiden di mana seorang siswa dalam mempelajari bahasa inggris di tempat saya mengajar. Karena latar belakang bahasa utama yang berbeda, siswa merasa sulit untuk mengatasi apa pun dalam bahasa Inggris. Dampaknya, gurunya akan membuat menulis setiap pelajaran setidaknya tiga kali. Bayangkan menulis setiap pelajaran dari setiap subjek sebanyak tiga kali. Selain itu, guru bimbingannya juga akan memberikan pekerjaan rumah (PR). Sungguh sedih melihat perjuangannya dan menulis begitu banyak tanpa memahami apa yang sedang ditulisnya. Jari-jarinya akan membengkak, dan pikiran-tubuhnya akan habis pada akhir hari. Skema pekerjaan rumah ini adalah buang-buang waktu baginya.
Namun, ketika muncul pertanyaan tentang jumlah pekerjaan rumah (PR) yang ditugaskan oleh seorang guru, kami tidak dapat memberikan jawaban yang pasti. Sebelumnya, sekolah akan mengikuti metode pengajaran lama seperti ceramah yang dikenal guru. Satu-satunya tanggung jawab guru adalah datang ke kelas, bicara bicara dan pergi ketika bel berbunyi. Guru akan memberikan banyak pekerjaan rumah kepada siswa itu. Jika siswa gagal menyelesaikan pekerjaan rumah yang diberikan, dia akan dihukum baik secara verbal maupun fisik.

Alasan apakah terlalu banyak PR buruk untuk siswa:

1) Kurangnya pemahaman
Tidak akan masuk akal jika pekerjaan rumah tidak membantu anak memahami konsepnya. Misalnya, jika seorang anak tidak dapat memahami gagasan "perkalian" dalam Matematika, sebaiknya guru duduk dan menjelaskan kepada siswa daripada meminta siswa untuk menuliskan pelajaran itu sepuluh kali. Menuliskan pelajaran sepuluh kali tidak akan ada bedanya dengan seberapa baik si anak memahami konsep tersebut. Jika guru tidak dapat menyediakan waktu, sarankan si anak untuk mempelajari "perkalian" dalam bentuk game atau menggunakan media pembelajaran lain agar siswa mudah memahami pelajaran.
2) Kelelahan
Terlalu banyak pekerjaan rumah sangat melelahkan. Seorang anak belajar selama 4-6 jam di sekolah. Dia pulang dan menyelesaikan pekerjaan sekolahnya. Dia belajar selama 2-3 jam di rumah. Sekali lagi dia kembali dan menyelesaikan pekerjaan sekolahnya. Di mana waktu untuk bersenang-senang?. Semua pekerjaan rumah (PR) dan tidak ada penggunaan metode belajar dengan games atau media untuk menarik minat siswa, semua hal tersebut akan berdampak negatif untuk siswa di kelas sehingga mereka akan cepat merasa bosan dan lelah di kelas atau mungkin mengantuk. Terlalu banyak pekerjaan rumah (PR) tidak hanya akan melelahkan siswa tetapi juga menguras semangat dan energinya.
3) Kehilangan minat
Siswa akan mudah kehilangan minat pada topik pelajaran. Lihatlah kembali masa sekolah Anda. Apakah Anda benar-benar menyukai pelajaran itu di mana guru menugaskan terlalu banyak pekerjaan rumah?

Mengapa rata-rata siswa selalu menyukai pelajaran olahraga? Karena di pelajaran olahraga lebih mengutamakan praktek dari pada teori, bukan pekerjaan rumah (PR)!. Oleh karena itu Anda sebagai guru harus dapat mengutamakan menggunakan praktek-praktek untuk menarik minat siswa dalam belajar di kelas.
4) Efek pada kesehatan
Terlalu banyak pekerjaan rumah dapat dengan mudah berdampak buruk pada kesehatan anak. Jika anak mudah stres, ia mungkin kehilangan nafsu makan, demam, sakit kepala, sakit perut atau bahkan gangguan emosional.
5) Efek pada kinerja
Terlalu banyak pekerjaan rumah tidak akan pernah berdampak positif pada kinerja si anak. Itu hanya akan menurunkannya.
Berharap untuk berubah?
Dengan berbagai kursus pelatihan guru dan pengembangan dalam pemahaman psikologi anak, metode-metode yang berpusat pada guru ini ditinggalkan. Guru sekarang memahami psikologi dan pola pikir anak. Dalam kursus pelatihan guru, individu dilatih untuk mengetahui berapa banyak pekerjaan rumah yang harus ditugaskan.
Guru dilatih untuk bekerja sama satu sama lain dan menugaskan pekerjaan rumah dalam pola siklus. Ada kebijakan pekerjaan rumah di banyak sekolah. Selain itu, jumlah pekerjaan rumah yang ditugaskan juga berbeda dari kelas ke kelas dan tunduk pada subjek. Mata pelajaran seperti Matematika yang membutuhkan banyak latihan ditugaskan lebih banyak pekerjaan rumah dibandingkan dengan mata pelajaran seperti Sejarah yang membutuhkan paparan literatur dan internet.
Terlepas dari ini, para guru dilatih untuk menjaga pendekatan yang ramah namun tetap saat mengevaluasi pekerjaan rumah. Si anak harus dibuat nyaman untuk menanyakan keraguan jika seandainya dia tidak dapat menyelesaikan jumlah yang harus disadari bahwa dia tidak dapat menipu guru dengan berbohong. Pastikan anak menyelesaikan pekerjaan rumah dan menyerahkannya meskipun agak terlambat.
Guru juga harus memastikan bahwa PR yang mereka tugaskan tidak pernah terlalu sulit bagi siswa untuk melakukannya tanpa bantuan. Gunakan PR yang gampang/mudah dikerjakan siswa untuk menarik minat siswa terhadap topik mata pelajaran. Pastikan bahwa pekerjaan rumah yang Anda tugaskan membantu kreativitas siswa, keterampilan berpikir, dan menjadikannya pembelajar mandiri.
Kesimpulan:
Meskipun para guru dilatih, masih banyak sekolah di seluruh negeri dan dunia di mana pola lama yang sama diikuti. Pada saat seperti itu, orang tua perlu meluangkan waktu untuk berbicara dengan guru. Selain itu, institut harus secara teratur memberikan pelatihan kepada guru untuk memperbarui keterampilan mereka dan tahu cara menetapkan pekerjaan rumah.
Dan jangan lupa untuk menekan   tombol berlangganan untuk tetap bersama kami untuk buletin dua bulanan kami. Anda juga dapat mengikuti kami di saluran media sosial kami.
Advertisement

 

Start typing and press Enter to search