Angka Kredit untuk jabatan fungsional guru dapat diperoleh dari berbagai unsur yaitu pendidikan, pembelajaran / bimbingan dan/ atau tugas tambahan, Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), dan unsur penunjang. Unsur-unsur tugas jabatan dapat dilihat pada Panduan Penyusunan Sasaran Kerja Pegawai (SKP) Jabatan Fungsional Guru, atau selengkapnya pada Permenpan RB No. 16 th 2009.
Sebelum menghitung angka kredit, ketahui terlebih dahulu nilai konversi PK guru ke nilai angka kredit seperti Tabel 1 berikut ini.
Adapun nilai PK Guru maksimal untuk masing-masing tugas jabatan dapat dilihat pada tabel 2 berikut ini.
Khusus untuk tugas utama jabatan fungsional guru selain PKB, Angka Kredit dapat diperoleh melalui hasil konversi Penilaian Kinerja Guru (PKG) seperti yang kami jabarkan berikut ini.
Keterangan:
#3 Ahmad Zulfadli, S.Pd adalah guru fisika dengan jabatan Guru Muda pangkat Penata dan golongan ruang III/c TMT 1 Maret 2008. Ia mengajar 30 jam tatap muka per minggu dan telah mengikuti PK Guru pada Maret 2017 dengan nilai 38. Apakah Ahmad Zulfadli, S.Pd dapat naik pangkat tepat waktu (4 tahun) setingkat lebih tinggi, apabila mengambil 2 AK pengembangan diri dan 5 AK dari publikasi ilmiah dan/ atau karya inovatif, serta AK unsur penunjang mencapai maksimal?
Keterangan:
#5 Kurnia Sari, S.Pd. adalah guru Bimbingan dan Konseling dengan jabatan Guru Pertama pangkat Penata Muda golongan ruang III/a memperoleh hasil penilaian kinerja 55 pada tahun 2016. Sebagai guru BK, Kurnia Sari, S.Pd. pada tahun yang sama membimbing siswa 120 orang. Jika Kurnia Sari, S.Pd. mengumpulkan angka kredit dari pengembangan diri 3 AK serta AK maksimal pada unsur penunjang, dapatkan Ia naik pangkat setingkat lebih tinggi dalam jangka waktu 4 tahun?
Jawaban
Kesimpulan
Keterangan:
Tunggu update berikutnya........
Sebelum menghitung angka kredit, ketahui terlebih dahulu nilai konversi PK guru ke nilai angka kredit seperti Tabel 1 berikut ini.
Adapun nilai PK Guru maksimal untuk masing-masing tugas jabatan dapat dilihat pada tabel 2 berikut ini.
Khusus untuk tugas utama jabatan fungsional guru selain PKB, Angka Kredit dapat diperoleh melalui hasil konversi Penilaian Kinerja Guru (PKG) seperti yang kami jabarkan berikut ini.
Baca juga, Kompetensi Penilaian Kinerja Guru (PKG) dan Kepala Sekolah, serta Tugas Tambahan Lain
#1 Angka Kredit berdasarkan Penilaian Kinerja (PK Guru) Guru Kelas / Pembelajaran / Guru Mata Pelajaran
Rumus menghitung AK dari PK Guru kelas / pembelajaran / mata pelajaran
Instrumen Penilaian Kinerja Guru (PKG) untuk guru kelas / pembelajaran / mata pelajaran, terdiri atas 14 kompetensi yang dijabarkan dalam beberapa indikator dengan jumlah skor maksimal 56. Instrumen PK Guru kemudian dikonversi ke dalam Angka Kredit 1 tahun dengan rumus dan ketentuan berikut ini:Keterangan:
- A : Diisi dengan hasil PK Guru pada format rekap PK Guru
- B : Diisi dengan PK Guru yang telah dikonversikan kedalam skala 0 – 100 sesuai dengan Perpenpan RB No. 16 th 2009 melalui perhitungan dengan menggunakan rumus tersebut
- C : Diisi dengan sebutan dan prosentase angka kredit dari hasil PK Guru yang telah dikonversikan dalam skala 0 – 100 (Tabel 1)
- D : Diisikan dengan perolehan angka kredit per tahun yang dihitung berdasarkan rumus sistem paket tersebut
- PKG max dapat dilihat pada tabel 2
- AKK : Angka Kredit Kumulatif, AKPKB : Angka Kredit dari PKB, AKP : Angka Kredit dari unsur penunjang
- JM : Jumlah jam mengajar (tatap muka) guru di sekolah
- JWM : jumlah jam wajib mengajar (24 – 40 jam tatap muka per minggu)
- JM/JWM = 1 jumlah jam wajib mengajar 24 - 40 jam / minggu
- JM/JWM = JM/24 jumlah jam mengajar < 24 jam / minggu
- NPK : Nilai Perolehan Kinerja dalam bentuk persentase
Contoh menghitung AK dari PK Guru kelas / pembelajaran / mata pelajaran
#1 Arifin Suseno, S.Pd. adalah guru kimia dengan jabatan Guru Pertama pangkat Penata Muda dan golongan ruang III/a TMT 1 April 2015. Arifin Suseno, S.Pd. yang mengajar 26 jam tatap muka per minggu dan telah mengikuti PK Guru pada April 2016 dengan nilai 45. Apakah Arifin Suseno, SPd. dapat naik pangkat tepat waktu (4 tahun) setingkat lebih tinggi, apabila AK dari unsur PKB memenuhi syarat dan AK penunjang mencapai maksimal ?
Jawaban
Kesimpulan
Kesimpulan
- AKK yang harus dikumpulkan dari golongan III/a ke III/b = 50, terdiri dari:
- Unsur utama:
- AK pembelajaran = 42
- AK PKB dari PD = 3
- Unsur penunjang = max 5
- Perolehan AK Arifin Suseno, S.Pd selama 4 th:
- AK Pembelajaran = 10,5 x 4 = 42
- AK PKB dari PD = 3
- AKP = 5
- AK total selama 4 th = 42 + 3 + 5 = 50
#2 Veni Kurniawan, S.Pd. adalah guru matematika dengan jabatan Guru Pertama pangkat Penata Muda tingkat I dan golongan ruang III/b TMT 1 April 2012. Veni Kurniawan, S.Pd. mengajar 24 jam tatap muka per minggu dan telah mengikuti PK Guru pada April 2017 dengan nilai 51. Apakah Veni Kurniawan, SPd. dapat naik pangkat dalam waktu 3 tahun setingkat lebih tinggi, apabila AK dari unsur PKB memenuhi syarat dan AK penunjang mencapai maksimal ?
Jawaban
Kesimpulan:
- AKK yang harus dikumpulkan dari golongan III/b ke III/c = 50, terdiri dari:
- Unsur utama:
- AK pembelajaran = 38
- AK PKB dari PD = 3, PI/KI = 4
- Unsur penunjang = max 5
- Perolehan AK Veni Kurniawan, S.Pd selama 3 th:
- AK Pembelajaran = 11,88 x 3 = 35,64
- AK PKB dari PD = 3, PI/KI = 4
- AKP = 5
- AK total selama 3 th = 35,64 + 3 + 4 + 5 = 47,64
Dapat disimpulkan bahwa Veni Kurniawan, S.Pd belum dapat naik pangkat setingkat lebih tinggi ke pangkat Penata golongan III/c.
- AKK yang harus dikumpulkan dari golongan III/c ke III/d = 100, terdiri dari:
- Unsur utama:
- AK pembelajaran = 81
- AK PKB dari PD = 3, PI/KI = 6
- Unsur penunjang = max 10
- Perolehan AK Ahmad Zulfadli, S.Pd selama 4 th:
- AK Pembelajaran = 15,19 x 4 = 60,76
- AK PKB dari PD = 2, PI/KI = 5
- AKP = 10
- AK total selama 4 th = 60,76 + 2 + 5 + 10 = 72,76
#2 Angka Kredit berdasarkan Penilaian Kinerja Guru Bimbingan / Konseling
Rumus menghitung AK dari PK Guru bimbingan / konseling
Instrumen Penilaian Kinerja Guru bimbingan konseling, terdiri atas 17 kompetensi yang dijabarkan dalam beberapa indikator dengan jumlah skor maksimal 68. Instrumen PK Guru bimbingan konseling kemudian dikonversi ke dalam Angka Kredit per 1 tahun dengan rumus dan ketentuan berikut ini:Keterangan:
- A : Diisi dengan hasil PK guru bimbingan konseling pada format rekap PK bimbingan konseling
- B : Diisi dengan PK guru BK yang telah dikonversikan kedalam skala 0 – 100 sesuai dengan Perpenpan RB No. 16 th 2009 melalui perhitungan dengan menggunakan rumus tersebut
- C : Diisi dengan sebutan dan prosentase angka kredit dari hasil PK Guru BK yang telah dikonversikan dalam skala 0 – 100 (Tabel 1)
- D : Diisikan dengan perolehan angka kredit per tahun yang dihitung berdasarkan rumus sistem paket tersebut
- PKG max dapat dilihat pada tabel 2
- AKK : Angka Kredit Kumulaitf, AKPKB : Angka Kredit dari PKB, AKP : Angka Kredit dari unsur penunjang
- JM : Jumlah jumlah konseli per tahun
- JWM : jumlah bimbingan per tahun (membimbing 150 – 250 konseli per tahun)
- JM/JWM = 1, membimbing 150 – 250 konseli per tahun
- JM/JWM = JM/150, membimbing < 150 konseli per tahun
- NPK : Nilai Perolehan Kinerja dalam bentuk persentase
Contoh menghitung AK dari PK Guru bimbingan / konseling
#4 Rudi Hartono, S.Pd. adalah guru Bimbingan dan Konseling dengan jabatan Guru Muda pangkat Penata tingkat I golongan ruang III/d memperoleh hasil penilaian kinerja 62 pada tahun 2016. Sebagai guru BK, Rudi Hartono, S.Pd. pada tahun yang sama membimbing siswa 170 orang. Jika Rudi Hartono, S.Pd. mengumpulkan angka kredit dari pengembangan diri 4 AK dan dari publikasi ilmiah dan/ atau karya inovatif sebanyak 7 AK, serta AK maksimal pada unsur penunjang, dapatkan Ia naik pangkat setingkat lebih tinggi dalam jangka waktu 4 tahun?
Jawaban
Jawaban
Kesimpulan
- AKK yang harus dikumpulkan dari golongan III/d ke IV/a = 100, terdiri dari:
- Unsur utama:
- AK bimbingan / konseling = 78
- AK PKB dari PD = 4, PI/KI = 8
- Unsur penunjang = max 10
- Perolehan AK Rudi Hartono, S.Pd selama 4 th:
- AK bimbingan / konseling = 24,38 x 4 = 97,52
- AK PKB dari PD = 4, PI/KI = 7
- AKP = 10
- AK total selama 4 th = 97,52 + 4 + 7 + 10 = 118,52
#5 Kurnia Sari, S.Pd. adalah guru Bimbingan dan Konseling dengan jabatan Guru Pertama pangkat Penata Muda golongan ruang III/a memperoleh hasil penilaian kinerja 55 pada tahun 2016. Sebagai guru BK, Kurnia Sari, S.Pd. pada tahun yang sama membimbing siswa 120 orang. Jika Kurnia Sari, S.Pd. mengumpulkan angka kredit dari pengembangan diri 3 AK serta AK maksimal pada unsur penunjang, dapatkan Ia naik pangkat setingkat lebih tinggi dalam jangka waktu 4 tahun?
Jawaban
Kesimpulan
- AKK yang harus dikumpulkan dari golongan III/a ke III/b = 50, terdiri dari:
- Unsur utama:
- AK bimbingan / konseling = 42
- AK PKB dari PD = 3
- Unsur penunjang = max 5
- Perolehan AK Kurnia Sari, S.Pd selama 4 th:
- AK bimbingan / konseling = 8,40 x 4 = 33,60
- AK PKB dari PD = 3
- AKP = 5
- AK total selama 4 th = 33,60 + 3 + 5 = 41,60
#3 Angka Kredit berdasarkan Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS)
Rumus menghitung AK dari Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS)
Instrumen Penilaian Kinerja Kepala Sekolah, terdiri atas 6 kompetensi yang dijabarkan dalam beberapa indikator dengan jumlah skor maksimal 24. Instrumen PK Kepala Sekolah kemudian dikonversi ke dalam Angka Kredit per 1 tahun dengan rumus dan ketentuan berikut ini:Keterangan:
- A : Diisi dengan hasil Nilai Kinerja Kepala Sekolah (NKKS) pada format Instrumen Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (IPKKS)
- B : Diisi dengan Nilai Kinerja Kepala Sekolah yang telah dikonversikan kedalam skala 0 – 100 sesuai dengan Perpenpan RB No. 16 th 2009 melalui perhitungan dengan menggunakan rumus tersebut
- C : Diisi dengan sebutan dan prosentase angka kredit dari hasil PK Kepala Sekolah yang telah dikonversikan dalam skala 0 – 100 (Tabel 1)
- D : Diisikan dengan perolehan angka kredit per tahun yang dihitung berdasarkan rumus sistem paket tersebut
- PK Kepala Sekolah maksimal dapat dilihat pada tabel 2
- AKK : Angka Kredit Kumulaitf, AKPKB : Angka Kredit dari PKB, AKP : Angka Kredit dari unsur penunjang
- NPK : Nilai Perolehan Kinerja dalam bentuk persentase
Perolehan angka kredit guru yang mendapat tugas tambahan sebagai kepala sekolah mengikuti ketentuan berikut ini:
- 25% Angka Kredit diperoleh dari Penilaian Kinerja sebagai guru pembelajaran
- 75% Angka Kredit diperoleh dari Penilaian Kinerja sebagai kepala sekolah
Contoh menghitung AK dari Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS)
#6 Wardaniah, S.Pd. jabatan Guru Madya pangkat Pembina golongan ruang IV/a mengajar mata pelajaran Bahasa Inggris dan diberi tugas tambahan sebagai kepala sekolah. Wardaniah, SPd. memperoleh hasil penilaian kinerja sebagai guru mata pelajaran 52 dan sebagai kepala sekolah mendapat nilai 20, serta melaksanakan tugas mengajar tatap muka 6 jam per minggu berturut-turut selama 4 tahun. Jika dalam 4 tahun terakhir memperoleh 4 angka kredit dari kegiatan pengembangan diri, 10 angka kredit dari publikasi ilmiah dan karya innovatif, dan 9 angka kredit dari kegiatan penunjang, apakah Wardaniah, SPd. dapat naik pangkat dalam kurun waktu 4 tahun?
Jawaban
Konversi Penilaian Kinerja sebagai guru pembelajaran ke angka kredit
Konversi Nilai Kinerja Kepala Sekolah ke angka kredit
Kesimpulan
- AKK yang harus dikumpulkan dari golongan IV/a ke IV/b = 150, terdiri dari:
- Unsur utama:
- AK guru mata pelajaran & tugas tambahan sebagai kepala sekolah = 119
- AK PKB dari PD = 4, PI/KI = 12
- Unsur penunjang = max 15
- Perolehan AK Wardaniah, S.Pd selama 4 th:
- AK guru mata pelajaran = 9,30 x 4 = 37,20
- AK kepala sekolah = 22,31 x 4 = 89,24
- AK PKB dari PD = 4, PI/KI = 10
- AKP = 9
- AK total selama 4 th = 37,20 + 89,24 + 4 + 10 + 9 = 149,44
Advertisement